Home > Dirosah Islamiyah > Kitabul Buyu' Matan Abu Syuja > Materi 14 – Kriteria Barang Yang Sah Diperdagangkan Bag 03

Materi 14 – Kriteria Barang Yang Sah Diperdagangkan Bag 03

🌍 WAG Dirosah Islamiyah
🎙 Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri MA حفظه لله تعالى
📗 Kitabul Buyu’ Matan Abu Syuja
~~~•~~~•~~~•~~~•~~~

بسم الله الرحمن الرحيم
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتة
إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أشهد أن لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه. أَمَّا بَعْدُ

Pada kesempatan ini kita sampai pada pernyataan al-muallif Imam Abu Syuja yang menyatakan:

و يصح بيع كل طاهر مملوك منتفع به مقدرين على تسلم

Kriteria keempat adalah مقدرين على تسلم barang tersebut bisa diserahterimakan kepada pembeli setelah akad.

Kenapa demikian? Karena memang akad jual beli adalah satu tindakan hukum yang bila telah terjalin harus dipenuhi dan bentuk realisasi, implementasi dari memenuhi akad itu adalah dengan cara menjalankan konsekuensinya.

Allah Subhānahu wa Ta’āla berfirman:

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَوْفُوا۟ بِٱلْعُقُودِ

“Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah transaksi-transaksi yang telah kalian jalin (akad-akad yang pernah kalian jalin).” [QS Al-Maidah: 1]

Dan memenuhi akad, menunaikan akad itu dengan cara menjalankan konsekuensi hukum dari akad yang telah kita jalin.

√ Kalau jual beli, maka penjual menyerahkan barang kepada pembeli dan pembeli menyerahkan uang pembayaran kepada penjual dengan suka rela tanpa ada paksaan.

√ Kalau itu sewa menyewa, maka pemilik rumah yang menyewakan menyerahkan rumahnya untuk dimanfaatkan oleh penyewa dan penyewa dengan sukarela tanpa syarat menyerahkan uang sewanya.

Dan demikian seterusnya.

Ini konsekuensi hukum, sehingga di sini al-muallif Imam Abu Syuja menegaskan, bahwa salah satu persyaratan sahnya suatu akad bila penjual mampu secara defacto, secara konkret untuk menyerahkan barang yang dia jual sebagai implementasi dari konsekuensi akad yang telah dia jalin.

Maka para ulama menfatwakan tidak halal memperjual belikan barang hilang, barang yang telah dicuri. Barang atau misalnya hewan yang sedang terbang, hewan yang minggat, ataupun ikan yang masih berada di kolam, sedangkan kolamnya besar sehingga untuk menangkapnya kesusahan dan kerepotan, belum tentu bisa menangkapnya.

Ini semua dalam rangka memberikan kepastian, akan hak setiap pihak yaitu penjual dan pembeli. Dengan adanya akad ini kedua belah pihak dengan pasti tanpa ada gharar tanpa ada gambling sedikitpun akan mendapatkan haknya yang seharusnya dia terima.

Ini keempat persyaratan suatu barang yang halal dan suatu barang yang sah untuk diperjual belikan.

Wallāhu Ta’āla A’lam. Lebih dan kurangnya mohon maaf atas semua kekhilafan, sampai jumpa di lain kesempatan

وبالله التوفيق و الهداية
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

•┈┈•⊰✿✿⊱•┈┈•

image_pdfimage_print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top