Home > Silsilah Aqidah > Al-Ushulu Ats-Tsalasah > Halaqah 92 | Poin-Poin Penutup Manusia Akan Dibalas Sesuai Perbuatannya Setelah Dihisab

Halaqah 92 | Poin-Poin Penutup Manusia Akan Dibalas Sesuai Perbuatannya Setelah Dihisab

🎙 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A حفظه لله تعالى
📗 Silsilah Al-Ushulu Ats-Tsalasah
🖊 Ilmiyyah.com

============================

بسم اللّه الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

Halaqah yang ke-92 dari Silsilah ‘Ilmiyyah Penjelasan Kitāb Al Ushūlu AtsTsalātsah wa Adillatuhā yang dikarang oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahāb At Tamimi rahimahullāh.

Kemudian beliau mengatakan

وبعد البعث محاسبون ومجزيون

Mereka juga akan dibalas, bukan hanya dibangkitkan saja tanpa dihisab, bukan hanya dibangkitkan dihisab saja tanpa dibalas, bahkan mereka akan dibalas. Yaitu setelah dihisab dihitung hasanahnya dan juga sayyi’atnya maka mereka akan مجزيون, akan dibalas dengan amalan-amalan mereka yaitu sesuai dengan amalan mereka.

Amalan mereka di dunia in khairon fakhoir, wa in syarron fa syarr, kalau melakukan kebaikan maka dibalas dengan kebaikan dan kalau melakukan kejelekan maka akan dibalas dengan kejelekan. Dia akan memanen hasil amalannya di akhir dan ini menunjukkan tentang keagungan dan keadilan Allah ﷻ dan bahwasanya Allah ﷻ tidak mendzhalimi manusia.

Seandainya di sana tidak ada Ba’ats dan tidak ada hisab tidak ada jazaa’, manusia hanya hidup sekali di dunia ini, meninggal menjadi tanah padahal di sana ketika di dunia ada di antara mereka yang melakukan berbagai kedzholiman kepada manusia, seandainya dia meninggal begitu saja tidak ada Ba’ats, tidak ada balasan, maka tentunya banyak orang yang terdzholimi. Tapi Allah ﷻ dengan keadilan-Nya dengan hikmah-Nya, Allah ﷻ tidak akan membiarkan orang-orang yang dzholim, ada waktunya mereka akan dibangkitkan dan akan dibalas kedzholiman tersebut, Allah ﷻ akan menegakkan keadilan di antara mereka.

Dan di dunia ada orang-orang yang berbuat baik beramal saleh, seandainya mereka meninggal dunia tidak ada disana balasan bagi orang-orang yang beramal saleh, tentunya ini adalah sebuah ketidakadilan, sebuah kedzholiman. Tapi Allah ﷻ dengan hikmahnya maka Allah ﷻ akan membangkitkan mereka dan menghisab mereka dan akan membalas amalan saleh yang mereka lakukan didunia ini dengan kebaikan. Allah ﷻ mengatakan

أَيَحْسَبُ الْإِنسَانُ أَن يُتْرَكَ سُدًى

(Al Qiyamah:36)

Apakah manusia menyangka bahwasanya mereka akan dibiarkan dalam keadaan سُدًى, dalam keadaan sia-sia,

kemudian Allah ﷻ mengatakan

أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثاً وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لَا تُرْجَعُونَ

(Al Mukminun:115)

Apakah kalian menyangka bahwasanya Kami menciptakan kalian dalam keadaan sia-sia dan kalian menyangka bahwasanya kalian tidak akan dikembalikan kepada Allah ﷻ

maka ini adalah persangkaan yang kotor, persangkaan yang jelas keliru, yang disangka oleh orang-orang yang kufur kepada Allah ﷻ dan juga hari akhir. Alhamdulillah Allah ﷻ menjadikan di sana hari akhir yang di sana Allah ﷻ akan membalas amal seseorang dengan balasan yang lebih baik dan Allah ﷻ akan membalas orang yang berbuat jelek dengan balasan yang setimpal.

Kemudian setelahnya beliau mendatangkan dalil

والدليل قول تعالى: وَلِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ لِيَجْزِيَ الَّذِينَ أَسَاؤُوا بِمَا عَمِلُوا وَيَجْزِيَ الَّذِينَ أَحْسَنُوا بِالْحُسْنَى [النجم:31

Dan bagi Allah ﷻ lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi supaya Allah ﷻ membalas orang-orang yang baik, orang-orang yang jelek atau melakukan kejelekan melakukan dosa dengan apa yang mereka lakukan berupa dosa, dan Allah ﷻ akan membalas orang-orang yang berbuat baik dengan kebaikan.

Berarti ayat ini adalah dalil yang menunjukkan tentang jazaa’ yaitu balasan

Kemudian beliau mengatakan

ومن كذَّب بالبعث كفر

dan barang siapa yang mendustakan hari kebangkitan maka dia telah kufur,

barang siapa yang mendustakan hari kebangkitan maka sungguh dia telah kufur yaitu keluar dari agama islam menjadi orang yang murtad.

Kemudian beliau mendatangkan dalil tentang kekufuran orang yang mengingkari Al-Ba’ats

والدليل قوله تعالى: زَعَمَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَن لَّن يُبْعَثُوا

Orang-orang yang kafir mereka menyangka bahwasanya mereka tidak akan dibangkitkan.

Allah ﷻ disini menyebutkan tentang orang-orang kafir dan menyebutkan tentang sebagian akidah mereka زَعَمَ artinya adalah meyakini

زَعَمَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَن لَّن يُبْعَثُوا

orang-orang yang kafir menyakini bahwasanya mereka tidak akan dibangkitkan, menunjukkan bahwasanya di antara aqidah orang kafir adalah meyakini mereka tidak akan dibangkitkan maka ini seperti yang disampaikan oleh syaikh menunjukkan tentang kekufuran orang yang mendustakan hari kebangkitan.

قُلْ بَلَى وَرَبِّي لَتُبْعَثُنَّ ثُمَّ لَتُنَبَّؤُنَّ بِمَا عَمِلْتُمْ وَذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ [التغابن:7

Katakanlah bahkan demi Rabbku, disuruh Nabi ﷺ bersumpah, sungguh kalian akan dibangkitkan kemudian kalian akan diberitahukan kepada kalian dengan apa yang telah kalian amalkan di dunia.

Didalam ayat ini ada yang menunjukkan tentang Ba’ats, kalau yang tadi menunjukkan tentang Al-Jaza’, karena beliau menyebutkan Al-Ba’ats, wal Hisab, Al-Jaza’.

Akan dikabarkan kepada kalian dengan apa yang kalian kerjakan, seperti tadi أَتَعْرِفُ ذَنْبَ كَذَا kamu tahu dosa ini?, disitu ada tanbi’, disitu ada pemberitahuan, dikabarkan kepadanya tentang apa yang dia kerjakan di dunia

ثُمَّ لَتُنَبَّؤُنَّ بِمَا عَمِلْتُمْ

وَذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

Dan yang demikian adalah sangat mudah bagi Allah ﷻ.

Ini adalah penjelasan atau keterangan tambahan dari beliau yang berkaitan dengan beriman dengan hari akhir dan sudah di singgung sebelumnya ketika membahas tentang arkanul iman tentang beriman dengan hari akhir ini, beliau sebutkan didalam muqaddimah dari tsalatsatul ushul hal yang berkaitan dengan masalah hari akhir ini beliau menyebutkan beberapa hal yang merupakan perkara-perkara yang penting di dalam masalah beriman dengan hari akhir.

الله تعالى أعلم
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

________________________

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *