Home > Halaqah Silsilah Ilmiyah > Sirah Nabawiyyah > Halaqah – 26 Beberapa Sebab Gangguan Orang-orang Quraisy

Halaqah – 26 Beberapa Sebab Gangguan Orang-orang Quraisy

👤 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A حفظه لله تعالى
📗 Silsilah Sirah Nabawiyyah

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين

Halaqah yang Kedua Puluh enam dari Silsilah Ilmiyyah Sirah Nabawiyah adalah tentang Beberapa Sebab Gangguan Orang-orang Quraisy terhadap dakwah Rasulullãh ﷺ setelah dakwah Jahriyah

Diantara beberapa sebab dakwah Jahriyah yang dilakukan oleh Rasulullãh ﷺ tentunya membawa efek & dampak terhadap kehidupan beragama orang-orang Quraisy mereka berusaha untuk mengganggu merintatangi dakwah Rasulullãh ﷺ & diantara sebabnya

①. Yang paling utama karena dakwah Tauhid yang dibawa oleh Rasulullãh ﷺ mengancam keyakinan yang selama ini orang-orang Quraisy & bapak² mereka meyakininya. Rasulullãh ﷺ mengajak peribadatan kepada Allāh semata tidak ada sekutu baginya untuk menyekutukan Allāh dengan yang lain didalam beribadah.
Allāh mengatakan :

إِنَّهُمْ كَانُوا إِذَا قِيلَ لَهُمْ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ يَسْتَكْبِرُونَ
وَيَقُولُونَ أَئِنَّا لَتَارِكُو آلِهَتِنَا لِشَاعِرٍ مَجْنُونٍ

sesungguhnya mereka dahulu apabila dikatakan kepada mereka لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ mereka menyombongkan diri & mengatakan apakah kami meninggalkan sesembahan sesembahan kami, karena seorang tukang syair yang gila [Surat Ash-Shaffat 35- 36] ②. Di masa mereka mengikuti agama Muhammad ﷺ sama saja penghinaan terhadap agama & budaya mereka & nenek moyang mereka karena berarti selama ini apa yang mereka lakukan adalah salah. Padahal mereka memandang diri mereka adalah orang-orang termulia diantara orang-orang Arab & mereka menganggap bahwa kedudukan tinggi mereka ini akan lenyap dengan mengikuti agama Muhammad ﷺ.

③ Mereka menganggap & menyangka bahwa dakwah tauhid yang dibawa oleh Muhammad ﷺ akan memerosotkan ekonomi mereka, karena selama ini mereka banyak mengambil keuntungan dunia dari datangnya orang-orang musyrikin untuk berhaji ke Mekkah & melakukan jual beli barang & juga berhala.

④. Dakwah kepada tauhid & iman dari hari akhir berarti harus menyerahkan diri secara total kepada Allāh ajja wajalla, menundukan harta dan jiwa mereka kepada Allāh & mereka harus siap meninggalkan seluruh dosa & kedzoliman mereka kepada orang lain & tentunya ini semua bertentangan dengan sebagian besar kebiasaan mereka saat itu.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya.

وصلى الله على نبينا محمد و على آله و صحبه أجمعين
والسلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top