Home > Halaqah Silsilah Ilmiyah > Kun Salafiyyan Alal Jaddah > Halaqah 06 | Muqodimah Kitab (5)

Halaqah 06 | Muqodimah Kitab (5)

🎙 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A حفظه لله تعالى
📗 كن سلفيا على الجادة

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن وله

Ini adalah halaqah yang keenam dari pembahasan kitab, “Kun Salafiyyan ‘Ala Al-Jaddah” (Jadilah Seorang Salafy yang Sejati) yang dikarang oleh Syaikh Prof. Dr. Abdus Salam bin Salim bin Raja’ As Suhaimi hafidzahullahu ta’ala.

Beliau mengatakan,

وفي هذه الآوِنَه يتعرض الإسلام عموماً والمملكة العربية السعودية و الدعوة السلفية ٤ خصوصاً إلى افتراء وظلم وتشويه وقلب للحقائق من قبل بعض الساسة والكتّاب الغربيين المعادين للإسلام

Di akhir-akhir ini, Islam secara umum, negara Saudi Arabia dan dakwah salafiyah secara khusus, ini menghadapi banyak iftirah, fitnah, berita yang tidak benar, difitnah dengan berita yang tidak benar dan kedzaliman dan penjelek-jelekan dan pembolak-balikan fakta dari sebagian ahli politik atau dari sebagian penulis atau orang-orang barat atau orang-orang yang mengikuti orang barat yang mereka memusuhi Islam.

Kata والكُتَّاب الغَربِيين maksudnya adalah para penulis barat, yang mereka memusuhi Islam

والذين تقف الصهيونية وراءهم

Dan orang-orang di mana Yahudi ini berada di belakang mereka.

ويقف معهم في ظلمهم و افترائهم من تأثر بهم في بعض البلدان

Dan ada yang mendukung mereka di dalam kedzaliman ini, di dalam fitnah ini, orang yang terpengaruh dengan mereka di sebagian negara.

Jadi Syeikh ingin menyebutkan di sini bahwasanya di zaman sekarang ini banyak fitnah, berita-berita yang tidak benar tentang negara Saudi, tentang dakwah salafiyah, yang ini semuanya di belakang mereka adalah ahli-ahli politik dan para penulis yang mereka memusuhi Islam.

Di belakang mereka ada orang-orang Yahudi karena mereka tahu, bahwasanya dakwah salafiyah ini adalah dakwah kepada Islam yang murni. Dan inilah yang mereka takutkan. Dan mereka tahu bahwasanya negara Saudi inilah negara salafiyah dan inilah yang mereka takutkan. Sehingga tidak heran apabila mereka berusaha untuk memfitnah dan merusak nama negara Saudi Arabia dan berusaha untuk merusak dakwah salafiyah secara umum.

ومع أن الدعوة السلفية هي أبعد ما يكون عن التكفير والتبديع والتفسيق بغير دليل وهي أبعد ما يكون عن الغلو والتطرف إلا أن هذه الدعوة المباركة أُلصق بها ما ليس فيها و نسب إليها من ليس على منهاجها مما شوّه جمالها و غيّر حقيقتها ونفّر منها و زهّد الناس فيها

Padahal dakwah salafiyah ini dia adalah dakwah yang paling jauh dari mengkafirkan orang, membid’ah-bid’ahkan orang lain atau memfasik-fasikan orang lain tanpa dalil.

Ini dakwah salafiyah jauh dari yang demikian. Yang mengkafirkan, membid’ahkan, memfasikkan tanpa dalil, dan mereka ini, dakwah salafiyah ini adalah dakwah yang paling jauh dari berlebih-lebihan (ghuluw). Akan tetapi dakwah yang berbarakah ini, dakwah salafiyah, ternyata ditempelkan kepadanya apa yang bukan termasuk dakwah salafiyah ini.

Dinisbahkan kepadanya apa yang bukan termasuk manhaj, bukan akidah, bukan yang diajarkan di dalam dakwah salafiyah ini. Sehingga ini merusak dari luar, yang mencemarkan nama baiknya, dan mengganti hakikatnya dan menjadikan manusia lari dari dakwah salafiyah, menjadikan mereka tidak mau mengikuti dakwah salafiyah ini.

Dan ini adalah tujuan dari musuh-musuh Islam. Mereka memfitnah, membuat berita yang tidak benar tentang dakwah salafiyah bahwasanya mereka adalah orang yang suka mengkafirkan, mereka tidak senang dengan masyarakat, mereka tidak demikian dan demikian.

Itu yang menyebarkan adalah musuh-musuh Islam, atau orang yang terpengaruh dengan mereka dari kaum muslimin.

وأن من أبرز العوامل التي كانت سبباً في ذلك: هو وجود الجماعات الإسلامية الحزبية المعاصرة المتأثرة بفكر الخوارج؛ لكون بعض رموز وقادة ومفكري هذه الجماعات قد يوافقون المنهج السلفي في بعض الطروحات والتوجهات

Syeikh menjelaskan di sini, seperti tadi disebutkan, ada sesuatu yang disandarkan kepada dakwah salafiyah padahal itu bukan termasuk dakwah salafiyah. Di antara sebab ini semua yang paling utama, yang paling nampak adalah adanya jamaah-jamaah, kelompok-kelompok yang mereka adalah hizbiyah, kelompok-kelompok hizbi, aliran-aliran yang ada di zaman sekarang yang mereka terpengaruh dengan pemikiran khawarij. Karena sebagian pemimpin mereka, sebagian orang-orang yang cerdas atau menjadi tokoh di antara mereka sesuai dengan manhaj salaf dalam sebagian pikirannya, di dalam sebagian pikirannya, di dalam sebagian pendapatnya sesuai dengan manhaj salafy memang. Padahal ini adalah jamaah yang hizbiyah, yang terpengaruh dengan pemikiran khawarij.

Dari sini sebagian orang mengatakan bahwasanya salafy itu seperti ini; suka mengkafirkan, memusuhi pemerintah dan seterusnya, padahal tidak demikian. Itu sebabnya adalah karena tokoh mereka sebagian ada yang terpengaruh atau memiliki pemikiran yang memang sesuai dengan manhaj salaf. Tapi bukan berarti bahwasanya dia adalah seorang salafy, bukan berarti jamaahnya adalah jamaah salafy, hanya karena dia memiliki satu atau dua pendapat yang sesuai dengan manhaj salaf.

بل قد يتكلم بعضهم با سم السلفية وهم ليسوا كذلك مما جعل الأمر يلتبس على الكثير من الناس الذين قد تخفى عليهم الحقيقة ظناً منهم أن هذه الجماعات سلفية أو على الفكر الوهابي كما يحلو للبعض تسميتها بذلك

Bahkan sebagian mereka ada yang berbicara dengan nama salafiyah. Mungkin ada di antara tokoh-tokoh mereka mengatakan saya salafy. Padahal mereka bukan termasuk salafy. Dan ini termasuk perkara yang menjadikan tidak jelas bagi sebagian besar manusia. Samar bagi mereka hakikat dari semua ini.

Mereka menyangka bahwasanya jamaah-jamaah ini adalah salafy atau mereka berada di atas pemikiran wahabi, kalau kita mengikuti istilah dari sebagian mereka. Padahal bukan. Beda antara salafy yang sejati dengan mereka.

Mereka mungkin menyepakati sesuai dengan manhaj salaf di dalam sebagian perkara saja. Atau mereka mengaku dirinya salafy padahal dia bukan termasuk salafy. Maka ini yang insyaAllah akan dijelaskan oleh Syaikh pada kitab ini.

وإنك لتعجب ممن يسمي الجماعات الحزبية بالجماعات السلفية الجهادية

Dan sungguh engkau merasa heran terhadap orang yang menamakan jamā’ah yang hizbiyah dengan jamā’ah salafiyah jihadiyah, ia menamakan dirinya jama’ah salafiyah jihadiah.

وكيف تكون سلفية وهي مخالفة لها في العقيدة والمنهج

Bagaimana dia menjadi salafy padahal dia menyelisihi salafiyah di dalam akidah maupun dalam manhaj.

و كيف تكون جهادية و المعنى الشرعي الصحيح للجهاد منتف عن هذه الجماعات لعدم توفر الشروط الصحيحة للجهاد في هذه الجماعات

Bagaimana menjadi jihad yang benar, bagaimana ini menjadi jamaah jihad? Padahal makna yang syar’i, makna yang shahih dari jihad itu sendiri tidak ada di dalam diri jamaah ini.

Jadi jihad yang benar sesungguhnya yang disyariatkan ternyata tidak ada di dalam jamaah ini, karena tidak terpenuhi syarat-syarat yang benar di dalam jihad. Karena jihad ini kan ibadah. Di sana ada syarat-syarat yang harus terpenuhi untuk bisa mendapatkan jihad yang syar’i. Sementara jamaah ini tidak terpenuhi pada diri mereka jihad yang syar’i.

و إن العبرة هي بالحقائق و المعاني لا بالألفاظ والمسميات

Dan sesungguhnya ibrahnya yang dipakai itu adalah hakikatnya dan juga maknanya bukan hanya sekedar lafadz dan juga penamaan.

Kalau hanya sekedar menamakan dirinya jamaah salafiyah jihadiyah, tetapi hakikatnya bukan salafy dan maknanya tidak ada di dalamnya makna yang shahih, makna yang benar, maka ini tidak dinamakan seorang salafy. Jadi hakikatnya di sini adalah bukan hanya sekadar melafadz saja tapi harus kita lihat hakikatnya.

لذا يجب التنبه للخلط و التضليل الموجود في الساحة الإسلامية اليوم

Oleh karena itu wajib untuk waspada terhadap penyesatan yang ada di medan dakwah hari ini.

و يجب العمل على تصفية الإسلام مما ألصق به مما ليس منه

Dan wajib untuk membersihkan Islam dari perkara-perkara yang disandarkan kepada Islam, padahal itu bukan termasuk Islam.

و تربية النشء المسلم على الإسلام الحق المستقى من النبع الصافي كتاب الله وسنة رسوله صلى الله عليه وسلم وفق فهم سلف الأمة و الذود عن هذا الدين وإظهاره بالمظهر اللائق به

Dan wajib untuk mendidik generasi Islam di atas Islam yang murni yang diambil dari mata airnya yang suci atau mata air yang murni yaitu Al Qur’ān dan juga sunnah Nabi ﷺ dengan pemahaman para pendahulu umat ini dan kewajiban bagi kita adalah membela agama ini dan menampakkan agama ini sesuai dengan aslinya, sesuai dengan keadaan yang pantas bagi agama ini, agama yang murni yang dibawa oleh Rasulullah ﷺ.

Demikian yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini. Dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya.

و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

image_pdfimage_print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top