Home > Bimbingan Islam > Matan Abu Syuja > Kajian 041 | Perkara-Perkara Sunnah Di Dalam Shalat

Kajian 041 | Perkara-Perkara Sunnah Di Dalam Shalat


🌍 BimbinganIslam.com
👤 Ustadz Fauzan ST, MA
📗 Matan Abu Syuja
📝 Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Asfahāniy (Imam Abū Syujā’)

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وبعد

Para Sahabat BiAS yang dirahmati Allāh, kita lanjutkan halaqah yang ke 41, masuk mengenai “Perkara-perkara Sunnah Di Dalam Shalat.”

((قال المصنف رحمه الله))

((Berkata Penulis rahimahullāh))

((وهيأتها خمسة عشر خصلة ))

((Dan bentuk-bentuk sunnah dalam shalat ada 15 macam))

⇒ Di sini yang dimaksud yaitu perkara-perkara yang mustahab dan sunnah-sunnah yang dilakukan dalam shalat.

■ SUNNAH KE-1

((رفع اليدين عند تكبيرة الإحرام وعند الركوع والرفع منه))

((Mengangkat kedua tangan pada saat takbiratul ihram dan pada saat hendak rukū’ ataupun bangkit dari rukū’))

Hal ini berdasarkan hadits dari Ibnu ‘Umar:

رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ افْتَتَحَ التَّكْبِيرَ فِي الصَّلاَةِ، فَرَفَعَ يَدَيْهِ حِينَ يُكَبِّرُ حَتَّى يَجْعَلَهُمَا حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ، وَإِذَا كَبَّرَ لِلرُّكُوعِ فَعَلَ مِثْلَهُ، وَإِذَا قَالَ: سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، فَعَلَ مِثْلَهُ، وَقَالَ: رَبَّنَا وَلَكَ الحَمْدُ، وَلاَ يَفْعَلُ ذَلِكَ حِينَ يَسْجُدُ، وَلاَ حِينَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ السُّجُودِ

“Saya melihat bahwa Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam membuka shalat dengan takbir.

Maka kemudian Beliaupun bertakbir dengan mengangkat kedua tangannya sampai sejajar dengan bahunya.

Dan tatkala takbir untuk rukū’, maka Beliau melakukan hal itu juga (yaitu mengangkat kedua tangannya sampai sejajar bahunya).

Dan tatkala Beliau mengatakan ‘Sami’allāhu liman hamidah’, maka Beliau melakukan yang seperti itu juga (yaitu tatkala bangkit dari rukū’, mengangkat kedua tangannya sampai kedua bahunya), dan beliau berkata ‘Rabbana walakal hamdu.’

Dan Beliau tidak mengangkat kedua tangannya tatkala sujud ataupun tatkala bangkit dari sujudnya.”

(HR Bukhāri)

■ SUNNAH KE-2

((ووضع اليمين على الشمال))

((Meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri))

Hal ini berdasarkan hadits dari Sahl bin Sa’din radhiyallāhu Ta’āla ‘anhu, beliau mengatakan:

عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ، قَالَ: «كَانَ النَّاسُ يُؤْمَرُونَ أَنْ يَضَعَ الرَّجُلُ اليَدَ اليُمْنَى عَلَى ذِرَاعِهِ اليُسْرَى فِي الصَّلاَةِ»

“Bahwasanya manusia pada saat itu diperintahkan untuk meletakkan tangannya di atas tangan kirinya pada saat melakukan shalat.”

■ SUNNAH KE-3

((والتوجه))

((At Tawajjuh))

⇒ Maksudnya adalah membaca do’a iftitah.

Sebagaimana hadits dalam Sunan Abū Dāwūd (201/1):

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ كَبَّرَ، ثُمَّ قَالَ: وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ

“Bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam tatkala berdiri untuk melaksanakan shalat kemudian bertakbir kemudian mengucapkan:

‘Wajjahtu wajhiya lilladzī fatharas samāwāti wal ardh…(sampai terakhir)’.”

Dan ini adalah do’a iftitah yang masyhūr (dikenal) di kalangan kaum muslimin yang merupakan salah satu do’a yang dibaca oleh Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam.

■ SUNNAH KE-4

((والاستعاذة))

((Membaca isti’ādzah))

⇒ Membaca ta’awudz, meminta perlindungan kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Berdasarkan firman Allāh Ta’āla:

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Apabila kalian membaca Al-Qurān maka mintalah perlindungan kepada Allāh dari syaithan ar-rajīm (membacalah isti’ādzah).” (QS An Nahl: 98

■ SUNNAH KE-5

((والجهر في موضعه والإسرار في موضعه))

((Membaca dengan keras pada tempatnya dan membaca perlahan pada tempatnya))

Sebagaimana tuntunan Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam di dalam shalat.

Di antara tempat-tempat yang dikeraskan (jahr/diperdengarkan) bacaannya, yaitu pada:

• Raka’at shalat Shubuh
• 2 raka’at pertama shalat Maghrib dan ‘Isyā
• Shalat Jum’at
• Shalat ‘Īd
• Shalat Khusuf
• Shalat Istisqa
• Shalat Tarāwīh
• Shalat Witir Ramadhān
• Dan juga tempat-tempat lain yang akan dijelaskan secara rinci pada waktunya.

■ SUNNAH KE-6

((والتأمين))

((Mengucapkan “Āmīn”))

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abū Dāwūd dalam Sunannya (246/1):

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذَا تَلَا {غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ} [الفاتحة: 7]، قَالَ: «آمِينَ»، حَتَّى يَسْمَعَ مَنْ يَلِيهِ مِنَ الصَّفِّ الْأَوَّلِ

“Bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam apabila Beliau membaca ‘ghayril maghdhūbi ‘alayhim wa ladhdhāllin’, maka Beliau mengucapkan setelah itu ‘āmīn’ sampai-sampai orang-orang yang dibelakang Beliau di shaf awal mendengar ucapan Beliau ‘āmīn’.”

■ SUNNAH KE-7

((وقراءة سورة بعد الفاتحة))

((Membaca surat setelah membaca surat Al Fātihah))

⇒ Yaitu di dua raka’at pertama.

Ini juga termasuk sunnah sebagaimana hadits yang diriwayatkan Imām Bukhāri dalam Shahīhnya (155/1):

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ بِأُمِّ الكِتَابِ وَسُورَةٍ مَعَهَا فِي الرَّكْعَتَيْنِ الأُولَيَيْنِ مِنْ صَلاَةِ الظُّهْرِ وَصَلاَةِ العَصْرِ

“Bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam Beliau membaca Ummul Kitāb (Surat Al Fātihah) kemudian bersamanya surat setelah surat Al Fātihah pada 2 raka’at pertama dari shalat Dzuhur maupun shalat ‘Ashar.”

■ SUNNAH KE-8

((والتكبيرات عند الرفع والخفض))

((Mengucapkan takbir tatkala perubahan; mengangkat kepala ataupun menundukkan kepala))

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imām Bukhāri dalam Shahīhnya (157/1):

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّهُ كَانَ «يُصَلِّي بِهِمْ، فَيُكَبِّرُ كُلَّمَا خَفَضَ، وَرَفَعَ»، فَإِذَا انْصَرَفَ، قَالَ: إِنِّي لَأَشْبَهُكُمْ صَلاَةً بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Dari Abū Hurairah radhiyallāhu Ta’āla ‘anhu bahwasanya beliau shalat bersama mereka (yaitu para makmum) dan beliau bertakbir pada setiap akan menundukkan kepala ataupun pada saat mengangkat kepala.

Tatkala telah selesai dari shalat beliau mengatakan ‘Shalat saya ini adalah paling mirip dengan shalat Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam’.”

■ SUNNAH KE-9

((وقول سمع الله لمن حمده ربنا لك الحمد))

((Mengucapkan do’a/dzikir/kalimat “sami’allāhu liman hamidah Rabbanā walakal hamdu”))

Berdasarkan hadits yang telah disebutkan pada sunnah-sunnah sebelumnya.

■ SUNNAH KE-10 & KE-11

((والتسبيح في الركوع والسجود))

((Membaca tasbih pada saat ruku’ dan sujud))

Hal ini sebagaimana disebutkan di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imām Ibnu Hibbān dalam Shahīhnya (223/5)

عَنْ حُذَيْفَةَ، قَالَ: «صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَلَمَّا رَكَعَ جَعَلَ يَقُولُ: سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ، ثُمَّ [ص:224] سَجَدَ فَقَالَ: سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى».

Dari Hudzayfah radhiyallāhu Ta’āla ‘anhu beliau berkata: “Saya shalat bersama Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam, tatkala Beliau rukū’ maka Beliaupun mengucapkan ‘Subhāna Rabbiyal ‘azhīm (Maha Suci Rabb Yang Maha Agung)’. Kemudian Beliau sujud dan membaca ‘Subhāna Rabbiyal A’lā’.”

Kedua ini adalah kalimat tasbih (kalimat mensucikan Allāh Subhānahu wa Ta’āla).

■ SUNNAH KE-12

((ووضع اليدين على الفخذين في الجلوس يبسط اليسرى ويقبض اليمنى إلا المسبحة فإنه يشير بها متشهدا))

((Meletakkan kedua tangan di atas kedua paha pada saat duduk, membuka telapak tangan kiri dan menggenggam telapak tangan kanan kecuali jari telunjuk, karena digunakan sebagai isyarat pada tasyahhud))

Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Imām Muslim dalam Shahīhnya (408/1):

«كَانَ إِذَا جَلَسَ فِي الصَّلَاةِ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى، وَقَبَضَ أَصَابِعَهُ كُلَّهَا وَأَشَارَ بِإِصْبَعِهِ الَّتِي تَلِي الْإِبْهَامَ، وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى»

“Tatkala Beliau duduk dalam shalat maka Beliau meletakkan telapak tangan kanannya di atas paha kanannya dan Beliau menggenggam jari jemarinya seluruhnya dan berisyarat dengan jari telunjuknya dan Beliau meletakkan tangan kirinya di atas paha kirinya.”

■ SUNNAH KE-13

((والافتراش في جميع الجلسات))

((Duduk Iftirasy pada semua keadaan duduk))

Sebagaimana diriwayatkan Imām Bukhāri dalam Shahīhnya (165/1):

فَإِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ اليُسْرَى، وَنَصَبَ اليُمْنَى، وَإِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَةِ الآخِرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ اليُسْرَى، وَنَصَبَ الأُخْرَى وَقَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ»

“Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam tatkala duduk tasyahhud pada raka’at yang kedua maka Beliau duduk di atas kakinya yang kiri dan menegakkan kakinya yang kanan.

Dan apabila Beliau duduk tasyahhud pada raka’at yang terakhir maka Beliau majukan kaki yang kiri dan menegakkan kaki yang kanan dan duduk Beliau di atas tempat duduknya (maksudnya duduk di atas pantat Beliau).”

Ini yang disebut sebagai duduk iftirasy yaitu duduk di atas kaki kiri dan menegakkan kaki kanan. Sedangkan duduk yang terakhir yaitu duduk tawarruk.

■ SUNNAH KE-14

((والتورك في الجلسة الأخيرة))

((Duduk tawarruk pada duduk akhir))

Berdasarkan hadits yang sudah disebutkan yang diriwayatkan oleh Imām Bukhāri.

■ SUNNAH KE-15

((والتسليمة الثانية))

((Dan salam yang kedua))

Disebutkan oleh Imām Abū Dāwūd dalam Sunannya (261/1):

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ، وَعَنْ شِمَالِهِ، حَتَّى يُرَى بَيَاضُ خَدِّهِ [ص:262]: «السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ، السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ»

Kata ‘Abdullāh: “Bahwasanya Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam Beliau salam ke arah kanan kemudian salam ke arah kiri sampai terlihat putih pipinya dan mengucapkan ‘Assalāmu ‘alaykum warahmatullāh’.”

Demikianlah penjelasan tentang matan Abū Syujā’ secara ringkas pada perkara-perkara sunnah di dalam shalat.

Dan in syā Allāh kita akan bertemu pada halaqah berikutnya.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
وآخر دعونا أن الحمد لله رب العالمين
والسلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
____________

image_pdfimage_print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top