Home > Bimbingan Islam > Sambutan Pembukaan BiAS

Sambutan Pembukaan BiAS

🌍 BimbinganIslam.com
👤 Ustadz Fauzan S.T., M.A.

بسم اللّه الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وبعد

Para sahabat Bimbingan Islām yang dirahmati oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Alhamdulilāh atas nikmat Allāh Subhānahu wa Ta’āla yang begitu besar, atas nikmat Allāh yang tidak terhitung pada kita semua.

وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا

_”Apabila kalian menghitung nikmat Allāh, niscaya kalian tidak akan dapat menghitungnya.”_

Nikmat Allāh yang terus menerus kita dapatkan setiap hari dan nikmat yang terbesar adalah nikmat iman.

Nikmat yang terbesar adalah nikmat kita mendapatkan jalan untuk mendapatkan nikmat tersebut, yaitu nikmat ilmu.

Kita masih dimudahkan diberikan taufīq untuk bersemangat menuntut ilmu agama. Tatkala kita bersemangat untuk menuntut ilmu agama, ini adalah tanda-tanda kebaikan, tanda-tanda taufīq dari Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ

_”Barangsiapa yang Allāh kehendaki kebaikan pada dirinya, maka Allāh akan pahamkan dia dalam urusan agamanya.”_

منْ سَلَكَ طَريقًا يَبْتَغِي فِيهِ علْمًا سهَّل اللَّه لَه طَريقًا إِلَى الجنةِ

_“Barangsiapa yang Allāh Subhānahu wa Ta’āla kehendaki dia menuntut jalan ilmu maka Allāh akan mudahkan jalan dia menuju surga.”_

Jadi tatkala dimudahkan untuk menuntu ilmu, maka semoga sebagai tanda Allāh Subhānahu wa Ta’āla memudahkan jalan kita menuju Surga Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Alhamdulilāh, nikmat Allāh Subhānahu wa Ta’āla, Bimbingan Islām sampai saat ini telah memberikan faedah yang banyak kepada kita semua.

Kita bisa saling tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan di dalam ilmu. Dan Bimbingan Islām telah sampai pada gelombang ke-9 ini merupakan nikmat dari Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Semoga kebaikan ini terus menerus tidak terputus, karena menuntut ilmu sangat besar sekali faedahnya, sangat besar pahalanya, bahkan ia dianggap seperti orang yang berjihād fīsabilillāh.

مَن خرَج في طَلَبِ العِلمِ، كان في سَبيلِ اللَّهِ حَتَّى يرجِعَ

_”Barangsiapa yang dia keluar dalam menuntut ilmu maka dia berada di dalam jihād sampai dia kembali.”_

Belum lagu keutamaan-keutamaan yang lain yang Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam dorong kita untuk menuntut ilmu agama, sebagaimana yang tadi sudah disebutkan bahwasanya, “Apabila Allāh menginginkan kebaikan kepada seorang hamba, Allāh akan pahamkan dia dalam urusan agamanya.”

Dan menuntut ilmu adalah kewajiban kita semua.

طَلَبُ العِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَىْ كُلِّ مُسْلِمٍ

_”Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim.”_

(Hadīts riwayat Ibnu Mājah nomor 224)

Barangsiapa yang menginginkan ilmu, maka dia harus belajar. Sebagaimana sabda Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam:

إِنَّمَا الْعِلْمُ بِالتَّعَلُّمِ وَإِنَّمَا الْحُلُمَ بِالتَّحَلُّمِ وَمَنْ يَتَحَرَّ الْخَيْرَ يُعْطِهِ وَمَنْ يَتَوَقَّ الشَّرَّ يُوقَهُ

_”Sesungguhnya ilmu didapatkan dengan belajar dan sesungguhnya hilm (kesabaran dan ketenangan) didapat dengan melatihnya. Barangsiapa berusaha untuk mendapat kebaikan, maka Allāh akan memberikannya. Barangsiapa yang berusaha untuk menghindari keburukan, niscaya akan terhindar darinya.”_

(Hadīts riwayat At Thabrani)

Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam menekankan tentang pentingnya menuntut ilmu dan kebencian Allāh Subhānahu wa Ta’āla bagi orang-orang yang hanya paham akan urusan-urusan dunia.

Beliau bersabda:

إِنَّ اللهَ تَعَالىَ يُبْغِضُ كُلَّ عَالِمٍ بِالدُّنْيَا جَاهِلٍ بِالْآخِرَة

_”Sesungguhnya Allāh ta’āla membenci orang yang pandai dalam urusan dunia namun bodoh dalam perkara akhirat.”_

(Hadīts shahīh riwayat Al Hakīm)

Allāh Subhānahu wa Ta’āla membenci orang pandai urusan dunia tetapi jāhil, tidak peduli, tidak paham urusan akhirat, tidak memberikan waktu khusus untuk belajar ilmu agama.

Mudah-mudahan dengan adanya kesempatan ini walaupun jauh dari sifat cukup, artinya yang memungkinan kita lakukan, semoga setelah kita belajar dengan metode WhatsApp, menjadi dorongan bagi kita untuk bisa belajar (duduk) di majelis ilmu. Bahkan bisa belajar khusus kepada para ulamā, ini adalah suatu hal yang menggembirakan.

Para sahabat sekalian, semoga Allāh Subhānahu wa Ta’āla memudahkan antum sekalian untuk istiqāmah di jalan ilmu, amal dan dakwah.

Semoga dengan pembukaan grup Bimbingan Islām yang ke-9 ini, bisa menjadi pintu-pintu kebaikan bagi banyak orang dan semoga Allāh Subhānahu wa Ta’āla memberikan taufīq kepada kita semua. Baik pengurusnya, pelajarnya, pengajarnya dan semua orang yang dengan ikhlās membantu tersebarnya dakwah ini.

Akhirnya hanya kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla kita berharap dan hanya kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla kita memohon ampun dan hanya kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla kita berserah diri.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
واخردعوانا أن الحمد لله رب العالمين
والسلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

image_pdfimage_print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top