Kitab: Aqidah Ath-Thahawiyah
Audio: Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن وله
Al-Qur’an adalah Kalamullah, Al-Qur’an adalah ucapan Allāh di antara dalilnya adalah firman Allāh dalam surat Al-Baqarah ketika Allāh subhanahu wa ta’ala tentang orang-orang Yahudi,
۞ اَفَتَطْمَعُوْنَ اَنْ يُّؤْمِنُوْا لَكُمْ وَقَدْ كَانَ فَرِيْقٌ مِّنْهُمْ يَسْمَعُوْنَ كَلَامَ اللّٰهِ…
[QS Al Baqarah 75]
Apakah kalian berangan-angan berkeinginan mereka beriman kepada kalian percaya kepada kalian, padahal sekelompok dari mereka telah mendengar kalamullah, sekelompok dari mereka telah mendengarkan Kalamullah.
Ada yang menafsirkan bahwa di sini adalah Al-Qur’an, sekelompok dari mereka sudah mendengar Al-Qur’an, kalau Al-Qur’an saja mereka tidak mempercayainya bagaimana dengan ucapan kalian, dalam ada yang mengatakan bahwasanya disini adalah Taurat, maka bagi yang mengatakan bahwasanya Kalamullah disini adalah Al Qur’an menunjukkan bahwasanya
إن القُرْآنُ كَلامُ اللهِ
Al-Qur’an adalah kalamullah, seandainya Al Qur’an ini adalah Taurat maka yang pertama tadi sudah cukup menunjukkan bahwasanya Al-Qur’an adalah kalamullah
إن القُرْآنُ كَلامُ اللهِ
Adapun didalam hadits maka Nabi ﷺ dahulu di awal dakwah dan dihalangi oleh orang-orang Musyrikin, saat itu dakwah beliau adalah dengan membacakan Al-Qur’an, dakwah dengan Al-Qur’an karena Al-Qur’an ini di dalamnya ada keberkahan kedalaman makna, orang yang mendengarnya bisa membedakan antara ini adalah ucapan manusia atau bukan, maka Nabi ﷺ saat itu dilarang oleh orang-orang Musyrikin untuk menyampaikan Al-Qur’an, Beliau ﷺ dengan ketawadu’an beliau mendatangi ya robongan² yang mereka datang ke kota Mekah untuk menunaikan ibadah haji misal, menawarkan kepada mereka untuk bisa membawa beliau ﷺ ke kau bilang qobilah² mereka disebutkan didalam Sunan Ibnu Majah dan juga yang lain, bahwasanya Nabi ﷺ dahulu menawarkan dirinya ketika di musim haji,
ألا رجلٌ يحمِلُني إلى قومِهِ لأبلِّغ فإنَّ قريشًا قد منعوني أن أبلِّغَ كلامَ ربِّي
Apakah anda salah seorang diantara kalian yang mau membawaku kepada kaummu diajak untuk bersama meninggalkan Mekkah dan mendatangi kaum mereka karena sesungguhnya orang-orang Quraisy yaitu kaumku mereka telah melarangku untuk menyampaikan karena kalamaRobi/ kalamullah.
Apa maksudnya? Maksudnya adalah Al-Qur’an yang telah diwahyukan kepada beliau, ini menunjukkan bahwasanya Al-Qur’an adalah ucapan Allāh bukan ucapan Nabi Muhammad ﷺ dan bukan ucapan Jibril alaihissalam, ini adalah ucapan Allāh, Allāh subhanahu wa ta’ala yang pertama kali ya mengucapkan bukan Nabi Muhammad ﷺ yang mengucapkan makanya, setelah itu beliau mengatakan minhu bada’a, kenapa ini dinamakan dengan Kalamullah karena minhu bada’a karena memang ada dari Allāh yang memulainya, Allāh yang pertama kali mengucapkannya minhu bada’a dari Allah mulai
مِنْهُ بَدَا بِلَا كَيْفِيَّةٍ
Tanpa kaifiyah maksudnya adalah kita tidak mengetahui tentang kaifiyyahnya bukan berarti dia tidak punya kaifiyah ,punya , kaifiyyahnya ada namun kita tidak mengetahui kaifiyah bagaimana tentang Allāh subhanahu wa taala berbicara, itu maksud ucapan beliau
بِلَا كَيْفِيَّةٍ
dia punya hanya kita tidak mengetahui bagaimana Allāh berbicara sebagaimana di dalam sifat-sifat yang lain kita juga memiliki keyakinannya Indonesia Al imam Malik rahimahullah mengatakan
الاسْتِواءُ غيرُ مَجْهُولٍ
Istiwa itu sesuatu yang diketahui bagaimana itu yang kita tidak mengetahuinya, sama dengan sifat kalam bagi Allah, Allāh yang mengucapkannya
الۤمّۤ ۚ
ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ
Siapa yang mengucapkan pertama kali Allāh, Kaulan itu berupa Kalam berupa ucapan dan semua dari kita mengetahui tentang makna ucapan, yang memiliki huruf memiliki makna, yang memiliki lafadz, dalam ayat yang lain Allāh mengatakan / mensifati diriNya dengan qoul, berapa ayat yang di dalam Al-Qur’an, Allah mengatakan
وَإِذْ قَالَ اللَّهُ
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ
Karena Allāh memiliki sifat Qoul dan Allāh subhanahu wa ta’ala mengatakan,
وَمَنْ أَصْدَقُ مِنَ اللَّهِ قِيلًا. ...
Dan siapakah yang lebih benar ucapannya daripada ucapan Allāh,
Allāh subhanahu wa ta’ala memiliki sifat kalam atau sifat al-qaul dan juga dikatakan Al hadits,
وَمَنْ أَصْدَقُ مِنَ اللَّهِ حَدِيثًا, أو قولااو كلام
maknanya adalah berdekatan yaitu ucapan.
Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali pada halaqoh selanjutnya.
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Transkrip: Abu Mandala
•┈┈┈┈┈┈•❁❁•┈┈┈┈┈┈•