Home > Halaqah Silsilah Ilmiyah > Kun Salafiyyan Alal Jaddah > Halaqah 08 | Muqodimah Kitab (7)

Halaqah 08 | Muqodimah Kitab (7)

🎙 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A حفظه لله تعالى
📗 كن سلفيا على الجادة

•┈┈┈┈┈•❁﷽❁•┈┈┈┈┈•

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن وله

Ini adalah pertemuan yg ke-8 dalam pembahasan kitab Kun Salafiyyan ala Jaaddah yg dikarang oleh syaikh Abdussalam bin Salim Ash Shuaimi hafidzahullah.

Beliau mengatakan setelahnya,

وقال تعالى
إِنَّ الَّذِينَ فَرَّقُوا دِينَهُمْ وَكَانُوا شِيَعًا لَّسْتَ مِنْهُمْ فِي شَيْءٍ ۚ
[QS Al An’am159]

Disini beliau masih menjelaskan tentang wajibnya kembali kepada Al Qur’an & Sunnah dan larangan untuk berpecah belah didalam agama, beliau mengatakan & firman Allāh
_sesungguhnya orang² yang memecah belah agama mereka & mereka berkelompok² engkau bukan termasuk golongan dari mereka sedikitpun_

Ini menunjukkan bahwasanya Nabi ﷺ bukan termasuk diantara aliran² yang sesat karena beliau ﷺ adalah Rasul yang mengemban amanah/risalah berpegang dengan apa yang beliau bawa yaitu Al Qur’an Sunnah. Adapun orang² yang berada didalam aliran² tadi maka mereka telah menyimpang dari Al Qur’an & Sunnah & ini menunjukkan tentang tercelanya orang² yang memecah agamanya & mereka beraliran²/kelompok² mereka menyimpang dari Al Qur’an & Sunnah ﷺ .

Ini menunjukkan tentang wajibnya mengikuti Sunnah beliau.

وقال تعالى
وَمَنْ يُّشَاقِقِ الرَّسُوْلَ مِنْۢ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدٰى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيْلِ الْمُؤْمِنِيْنَ نُوَلِّهٖ مَا تَوَلّٰى وَنُصْلِهٖ جَهَنَّمَۗ وَسَاۤءَتْ مَصِيْرًا
[QS An Nisa 115]

_dan barangsiapa yang menyelisihi Rasul {Rasulullah ﷺ) setelah jelas baginya petunjuk/kebenaran tetapi dia masih menyelisihi Rasul & dia mengikuti selain jalan² orang yang beriman / para Shahabat, karena para Shahabat radiallahu taala anhum mereka adalah orang² paling pantas menyandang sifat Iman.

Kemudian Allāh mengatakan – نُوَلِّهٖ مَا تَوَلّٰى – Kami biarkan dia sesuai dengan keinginannya kemana dia pergi

وَنُصْلِهٖ جَهَنَّمَۗ

Dan kemudian Kami akan masukan dia kedalam Jahanam

وَسَاۤءَتْ مَصِيْرًا

Dan itu adalah sejelek² tempat kembali.

Menunjukkan bahwasanya orang yang menyelisihi Rasulullah & dia mengikuti selain jalannya para Shahabat padahal sudah jelas baginya kebeneran / petunjuk, maka tempat kembali dia adalah Jahanam.

Ini menunjukan tentang wajibnya mengikuti Rasulullah ﷺ & juga para salaf.

فتو عد الله من اتبع غير سبيل المؤمنين فدل على ان إتباع سبيلهم في فيهم شرع الله واجب ومخالفته ضلال،

Kemudian syaikh mengatakan
Maka Allāh mengancam orang² yang mengikuti selain jalan orang² yang beriman, jalannya orang² yang beriman adalah mengikuti Rasulullah, maka ini menunjukkan bahwasanya mengikuti jalan orang² yang beriman didalam memahami syariat Allāh hukumnya adalah wajib & menyelisihi jalan ini adalah kesesatan.

وأثنى الله على السابقين الأولين من المهاجرين والأنصار و على من اتبعهم

Dan Allāh ﷻ telah memuji orang² yang terdahulu dari kalangan Muhajirin & Anshor & Allāh memuji orang yang mengikuti mereka

فقال؛

Maka Allāh mengatakan,

وَٱلسَّـٰبِقُونَ ٱلۡأَوَّلُونَ مِنَ ٱلۡمُهَـٰجِرِینَ وَٱلۡأَنصَارِ وَٱلَّذِینَ ٱتَّبَعُوهُم بِإِحۡسَـٰنࣲ رَّضِیَ ٱللَّهُ عَنۡهُمۡ وَرَضُوا۟ عَنۡهُ وَأَعَدَّ لَهُمۡ جَنَّـٰتࣲ تَجۡرِی تَحۡتَهَا ٱلۡأَنۡهَـٰرُ خَـٰلِدِینَ فِیهَاۤ أَبَدࣰاۚ ذَ ٰ⁠لِكَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡعَظِیمُ
[QS At-Taubah: 100]

Dan orang² yang pertama² dari kalangan Muhajirin & Anshor & orang² yang mengikuti mereka dengan baik, Allāh ridho kepada mereka & mereka pun ridha kepada Allāh, & Allāh memberikan bagi mereka Surga yang mengalir dibawahnya sungai² mereka kekal didalamnya selama²nya.

Menunjukkan bahwasanya untuk mendapatkan ridha Allāh adalah dengan cara mengikuti Muhajirin & Anshor & mereka adalah para Shahabat Rasulullah ﷺ.

Kemudian beliau mengatakan

وبين الرسول ﷺ ان خير الناس قرن ثم الذين يلونهم، فقال ﷺ:؛خير الناس قرني ثم الذين يلونهم ثم الذيـن يلونهم،

Kemudian Nabi ﷺ telah menjelaskan didalam sebuah hadits bahwa sebaik² manusia adalah orang yang hidup di zaman beliau (para Shahabat)

ثم الذين يلونهم ثم الذيـن يلونهم

Kemudian yang datang setelah mereka.

Beliau ﷺ mengatakan yang artinya
Sebaik² manusia adalah yang hidup di zamanku (para Shahabat), kemudian yang setelahnya (para Tabi’in), kemudian yang setelahnya (Tabi’ut Tabi’in).
HR Abu Dawud, Ath Tirmidzi, Ibnu Majjah (shahih).

وأمر بإتباع سنته خلفائه الرشدين وحذر من مخالفتهم،

Dan didalam hadits yang lain beliau ﷺ telah memerintahkan untuk mengikuti Sunnah beliau, & Sunnah para khulafatu Rasidin & beliau melarang menyelisihi mereka,

فقال ﷺ: عليكم بسنتي وسنة الخلفاء الرشدين المهديين من بعدي، تمسكوابها و عضوا عليها بالنواجذ، وإياكم ومحدثات الأمور فإن كل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة،

Maka Nabi ﷺ bersabda,
Wajib bagi kalian untuk berpegang teguh kepada Sunnahku & Sunnah para khulafatu Rasidin yang mereka mendapatkan petunjuk setelahku hendaklah kalian berpegang teguh dengan Sunnah ku tsb & gigitlah dengan gigi geraham kalian.

Pertama beliau mengatakan

عليكم

Wajib bagi kalian berpegang teguh dengan Sunnahku & Sunnah khulafatu Rasidin, kemudian beliau mengatakan – تمسكوابها – pegang kuat² ditambah lagi gigit dengan gigi geraham kalian , selain dipegang & di gigit ini adalah cara yang menunjukan seseorang bersungguh² didalam memegang perkara tadi.

Kemudian beliau mengingatkan

وإياكم ومحدثات الأمور

Dan hati²lah kalian dengan perkara² yang diada-adakan

فإن كل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة،

Karena sesungguhnya setiap yang diada-adakan itu adalah bid’ah & setiap bid’ah itu adalah sesat.

Hadits ini disini disebutkan oleh syaikh diriwayatkan oleh Bukhari (seingat Ustadz Abdullah Roy ini bukan diriwayatkan oleh Bukhari tapi diriwayatkan oleh ath Torn & juga lain).

Kemudian beliau mengatakan

ووصف ﷺ الفرقة الناجية بقوله، ما أناعليه اليوم واصحابي

Dan beliau ﷺ mensifati Al firqah an Najjiyah (golongan yang selamat) siapa mereka ?

Yaitu dengan ucapan

ما أناعليه اليوم واصحابي

Yaitu golongan yang selamat dari perpecahan/Neraka ketika beliau menyebutkan ttg hadits iftiroqul ummah (berpecah belah nya umat) Islam ini, ketika beliau menyebutkan tentang semuanya masuk Neraka kecuali satu golongan, berarti satu golongan ini mereka tidak berpecah belah & merekalah yang selamat dari Neraka, beliau ditanya oleh para Shahabat

مَنْ هِيَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟

Siapa mereka ini?

قَالَ: مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِيْ.

Maka beliau mengatakan: apa yang aku berada diatasnya sekarang ini & juga para Shahabatku.

Dan saat itu Nabi ﷺ tentunya berada diatas Islam yang murni. Maka orang yang berpegang teguh dengan Islam yang murni yang dipegang oleh Nabi & para Shahabat saat itu itulah golongan yang selamat. Itulah golongan yang tidak memecah belah adapun golongan² yang lain yang mulai mereka memisahkan diri dari Sunnah Nabi ﷺ maka merekalah orang² yang memecah belah.

قدلت هذه النصوص وغيرها على وجوب إتباع الكتاب والسنة ووجوب إتباع سبيل المؤمنين

Maka dalil² ini & juga yang selain menunjukkan atas wajibnya mengikuti Al Qur’an & Sunnah & wajibnya mengikuti jalan orang² yang beriman yaitu para shahabat Nabi ﷺ , yang mereka adalah termasuk orang² yang mewujudkan & memperaktekan iman & juga ketakwaan.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqoh selanjutnya

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

🖊Abu Mandala
•┈┈┈┈┈┈•❁❁•┈┈┈┈┈┈•

image_pdfimage_print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top