Home > Bimbingan Islam > Al 'Arbain An Nawawiyyah > Muqaddimah Dan Hadits Pertama (Bagian 01 dari 07)

Muqaddimah Dan Hadits Pertama (Bagian 01 dari 07)

🌍 BimbinganIslam.com
🎙 Ustadz Firanda Andirja, MA حفظه لله تعالى
📗 Al ‘Arbain An Nawawiyyah
📝 Imām Nawawi ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ
~~~~~~~

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

الحمد لله على إحسانه، والشكر له على توفيقه وامتنانه، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له تعظيما لشأنه، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله الداعي إلى رضوانه، اللهم صلى الله عليه وعلى آله وأصحابه وأخوانه

Kita akan memulai membahas tulisan, yang ditulis oleh Imām Nawawi rahimahullāh, yaitu tentang “Al ‘Arbain An Nawawiyyah” (kumpulan hadīts yang berjumlah 42) yang ditulis oleh Imām Nawawi rahimahullāh.

Hadīts-hadīts tersebut memiliki keistimewaan yaitu termasuk hadīts-hadīts جوامع الكلم (yang lafadznya singkat akan tetapi maknanya sangat dalam).

Karena Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam أُعْطِيتُ جوامع الكلم , diberikan oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla kalimat-kalimat yang ringkas akan tetapi maknanya sangat mendalam.

Di antara kalimat-kalimat tersebut adalah hadīts-hadīts yang dikumpulkan oleh Imām Nawawi rahimahullah yang berjumlah sekitar 42 hadīts.

Dan in syā Allāh, kita mulai mencoba mengambil faedah-faedah dari hadīts-hadīts tersebut.

Namun sebelum kita mulai membahas hadīts yang pertama yaitu hadīts:

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

Hadīts yang diriwayatkan oleh ‘Umar bin Khaththāb radhiyallāhu ‘anhu bahwasanya amalan-amalan tergantung dari niatnya.

Perlu kita mengenal sekilas tentang siapa Imām Nawawi rahimahullāh.

Beliau adalah tokoh yang sangat masyhur dan sangat dikenal terutama oleh masyarakat Indonesia atau bangsa Asia yang kebanyakan bermadzhab Syāfi’i, karena beliau adalah ulamā besar dalam madzhab Syāfi’i.

Bahkan beliau diberi gelar oleh Imām As-Suyuthi sebagai محقق المذهب ومهذبه ومحرر المذهب ومرتبه (orang yang mentahqiq madzhab Syāfi’i dan juga mengatur kembali madzhab Syāfi’i). Memilah-milah, mana pendapat yang kuat dalam madzhab Syāfi’i, jika terjadi khilaf-khilaf dalam madzhab Syāfi’i.

Oleh karenanya beliau memiliki pengetahuan yang sangat dalam dalam madzhab As Syāfi’i.

Imām Nawawi rahimahullāh dilahirkan pada tahun 631H di sebuah kota yang bernama Nawa di Suriah, sehingga akhirnya beliau dinisbahkan dengan An Nawawi karena dilahirkan di kota Nawa.

Beliau sejak kecil menuntut ilmu dan diperhatikan oleh ayahnya sehingga sebelum bāligh sudah menghafal Al Qur’ān. Dan semangat beliau menuntut ilmu sudah nampak sejak beliau masih kecil.

Terbukti saat beliau dipaksa bermain oleh teman-temannya beliau tidak mau. Bahkan saat dipaksa beliau (rahimahullāh) malah menangis. Dan saat beliau dipaksa bermain bersama teman-temannya beliau tetap membaca Al Qur’ān sambil bermain. Ini menunjukkan bagaimana semangat beliau sejak kecil untuk menuntut ilmu, bahkan sambil bermain beliau tetap membaca Al Qur’ān.

Disebutkan juga di dalam biografi beliau, beliau ditugaskan oleh sang ayah untuk menjaga toko. Saat proses jual-beli, beliau tetap menyempatkan waktu untuk membaca Al Qur’ān, artinya kesibukan jual-beli tidak melalaikan beliau dari membaca Al Qur’ān.
Ini menunjukkan semangat beliau dalam menuntut ilmu.

Di antara perkara yang aneh yang pernah disebutkan oleh sang ayah, bahwasannya tatkala beliau berumur 7 (tujuh) tahun, beliau tiba-tiba terjaga di malam hari yaitu malam ke-27 Ramadhān, kemudian beliau membangunkan keluarganya (ayahnya) dan mengatakan, “Cahaya apa ini yang masuk ke dalam rumah kita?”

Dan tatkala seluruh keluarga bangun, tidak ada cahaya yang dilihat. Sejak peristiwa itu sang ayah tertarik kepada Imām Nawawi rahimahullāh dan mempunyai firasat bahwa anaknya (Imām Nawawi rahimahullāh) suatu saat akan bermanfaat bagi kaum muslimin.

Takkala usia beliau 19 tahun, Imām Nawawi rahimahullāh diajak ayahnya pergi ke Damaskus untuk dimasukkan ke sekolah (madrasah) untuk belajar agama di sana. Bahkan Imām Nawawi rahimahullāh menyebutkan, selama 2 tahun beliau tidak pernah meletakkan lambung beliau di tanah artinya beliau tidak pernah sengaja untuk tidur karena semangat beliau untuk belajar.

Bahkan Imām Nawawi rahimahullāh menceritakan tentang bagaimana beliau belajar.

Beliau menyebutkan bahwa dalam sehari beliau belajar dari 12 guru, artinya belajar 12 mata pelajaran dan setiap guru berbeda materinya.

Bahkan disebutkan beliau hanya makan sekali dalam sehari, kenapa?

Karena begitu besar perhatian beliau terhadap waktu.

Beliau ingin menghemat waktu, beliau tidak ingin waktu beliau habis untuk makan 3 kali.

Sehingga jadilah beliau ulamā yang mahsyur dalam berbagai macam bidang ilmu dan beliau meninggalkan buku-buku yang sangat luar biasa dalam berbagai bidang ilmu.

Di antara buku-buku beliau yang sangat terkenal adalah kitāb Riyadush Shālihin tentang adab dan akhlaq. Di mana kitāb ini, Subhanallāh, atas izin Allāh, dicintai oleh masyarakat Islām. Hampir setiap masjid ada buku ini.

Dan diterjemahkan ke berbagai macam bahasa. Bahkan hampir setiap rumah memiliki buku ini, seakan-akan tidak sempurna perpustakaan seseorang jika tidak memiliki kitāb ini.

Demikian juga kitāb Al ‘Arba’in An Nawawiyyah yang akan kita bahas. Kitāb ini berisi hadīts-hadīts yang banyak dihafalkan oleh para penuntut ilmu bahkan diajarkan di sekolah-sekolah.

Padahal banyak ulamā yang menulis tentang 40 hadīts akan tetapi yang tersisa sekarang, yang menjadi perhatian dari kaum muslimīn, adalah kitāb ini (‘Arba’in An Nawawiyyah) yang berisi 42 hadīts yang dikumpulkan oleh Imām Nawawi rahimahullāh.

Belum lagi kitāb-kitāb lain yang beliau tulis dalam berbagai macam ilmu. Seperti Ilmu fiqih, beliau mempunyai kitāb Al Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, buku yang tebal yang luar biasa tulisan beliau dalam kitāb ini. Beliau menyampaikan bagaimana madzhab Syāfi’i. Kemudian beliau menyebutkan juga madzhab-madzhab lain dalam kitāb ini.

Kemudian juga di dalam kitāb Raudhatuth Thalibin dan Minhaj Ath Thalibin yang menjadi pegangan bagi ulama Syāfi’iyyah.

Kemudian kitāb Tahdzibul Asma’ wal Lughat yang merupakan tulisan tentang bahasa.

Dan dalam ilmu hadīts beliau juga banyak menulis buku-buku tentang mushalah hadīts.

Hampir semua buku beliau merupakan buku yang bermanfaat dan dibaca oleh kaum muslimīn dan dijadikan pegangan oleh kaum muslimīn.

Wallāhu A’lam bishawab, hampir seluruh ulamā yang menyebutkan tentang biografi Imām Nawawi rahimahullāh, mereka menyebutkan kunci sukses beliau adalah karena keikhlāsan beliau.

Artinya banyak ulamā lain yang menulis buku tetapi tidak tersebar di seantero dunia sebagaimana buku-buku Imām Nawawi rahimahullāh. Ini menunjukkan beliau mukhlis, beliau ikhlās tatkala menulis buku-buku beliau, sehingga buku-buku beliau bermanfaat.

Demikian saja apa yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini, in syā Allāh besok kita lanjutkan dengan izin Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

وبالله التوفيق و الهداية
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Ditranskrip oleh Tim Transkrip BiAS
————————————-

image_pdfimage_print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top