Home > Halaqah Silsilah Ilmiyah > Ushulus Sunnah > Halaqah 60 | Beriman tentang Akan Keluarnya Dajjal Bag 04

Halaqah 60 | Beriman tentang Akan Keluarnya Dajjal Bag 04

🎙 Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A حفظه لله تعالى
📗 أصول السنة

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن وله

Bagaimana supaya kita bisa selamat dari fitnah Dajjal, diantara usahanya adalah seseorang kalau dia menemui dan mendengar bahwasanya Dajjal ini telah keluar maka dia berusaha untuk menjauh, menjauh dari tempat keberadaan Dajjal karena Dajjal ini membawa banyak kerancuan yang bisa menggoyahkan iman seseorang.

Dalam sebuah hadits Nabi ﷺ mengatakan

مَنْ سَمِعَ بِالدَّجَّالِ؛ فَلْيَنْأَ عَنْهُ

Barangsiapa yang mendengar tentang Dajjal maka hendaklah dia menjauh darinya.

Bukan mendekat, jika kita mendengar dia berada disebelah timur maka kita kebarat, jika kita mendengar dia disebelah Utara maka kita ke selatan menjauh dari keberadaan Dajjal.

Disebutkan dalam sebagian hadits bahwasanya orang² yang beriman di akhir zaman ketika mereka mendengar tentang munculnya Dajjal maka mereka pergi ke gunung untuk menghindari Dajjal tersebut.

Kemudian diantara usahanya adalah kita pergi ke dua tanah Haram (Mekkah dan Madinah) apabila kita mampu untuk mengunjunginya karena kedua negeri ini tidak akan dimasuki oleh Dajjal.

Apabila qodarullah bertemu dengan Dajjal (mungkin saja terjadi) salah seorang diantara orang yang beriman padahal sudah berusaha untuk menjauh dari Dajjal tapi qodarullah bertemu maka kewajiban dia adalah bersabar karena dia akan mengancam, menjajikan dan dia sudah tahu ilmunya dia bukan Allāh dia adalah pendusta, apapun yang dia tawarkan ini adalah surga maka ketahuilah bahwa itu adalah neraka dia adalah seorang pendusta/pembohong, jangan kita benarkan jangan kita taati dalam ucapannya, disebutkan dalam hadits disyariatkan ketika kita bertemu dengan Dajjal membaca 10 ayat pertama dari surat Al Kahfi, beliau ﷺ mengatakan,

مَنْ أَدْرَكَهُ مِنْكُمْ، فَلْيَقْرَأْ عَلَيْهِ فَوَاتِحَ سُوْرَةِ الْكَهْفِ.

Barangsiapa diantara kalian yang menemui Dajjal (mungkin salah seorang diantara kita bertemu dengan makhluk tsb) maka nasehat/anjuran Nabi ﷺ hendaklah kita membaca awal dari surat Al Kahfi. Disebutkan dalam hadits yang lain,

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُوْرَةِ الْكَهْفِ؛ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ.

Barangsiapa yang menghafal 10 ayat yang pertama dari surat Al Kahfi maka dia akan selamat/terjaga dari Dajjal.

Surat Al Kahfi dari ayat pertama hingga ayat ke10 , barangsiapa yang menghafal 10 ayat maka dia akan selamat dari Dajjal, beliau mengatakan – مَنْ حَفِظَ – barangsiapa yang menghafal kalau kita bisa hafal seluruhnya/minimal 10 ayat yang pertama dari surat Al Kahfi, jika membaca surat Al Kahfi secara keseluruhan (ini disunnahkan di hari Jum’at) disebutkan dalam hadits barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at maka Allāh ﷻ akan memberikan cahaya kepadanya dalam dua Jum’at. Sebenarnya jika kita sering membaca setiap pekan kita membaca kita tidak menghafalnyanya ini lama kelamaan akan hafal sendiri, sebagian saudara kita karena dia sering membaca surat Yasin setiap malam Jum’at (ini tidak disyariatkan) tidak ada disana hadits yang menunjukkan tentang keutamaan membaca Yasin tapi karena dia sering membaca lama kelamaan dia hafal, suruh baca ayat yang pertama sampai lima bisa, kenapa demikian? Karena dia sering membaca, jadi surat Al Kahfi juga demikian jika kita membaca setiap pekan maka bisa saja seseorang lama kelamaan dia akan bisa menghafal, atau terkadang karena dia sering membaca dan sering mendengarnya ketika dia berusaha untuk menghafalnya akan mudah apalagi disini hanya 10 ayat saja yang pertama dari surat Al Kahfi.

Ini keutamaan menghafal 10 ayat yang pertama dari surat Al Kahfi.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali pada halaqoh selanjutnya

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

🖊Abu Mandala
•┈┈┈┈┈┈•❁❁•┈┈┈┈┈┈•

image_pdfimage_print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top