Home > Bimbingan Islam > Adab Sosial Media > Halaqah 01 – Ahlan wa Sahlan

Halaqah 01 – Ahlan wa Sahlan

🌍 BimbinganIslam.com
👤 Ustadz Ratno, Lc
📗 Adab Sosial Media

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Alhamdulilāh,

Pujian yang sempurna hanyalah milik Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlullāh (Semoga shalawat dan salam selalu tercurah dan terlimpahkan kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam).

Wa ‘alā ālihu wa ashhābihi wa man tabi’ahum bi ihsānin ilā yaumil qiyyamah (Begitu juga kepada keluarga, shahābat dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari kiamat).

Amā ba’du.

Sahabat BiAS rahīmaniy wa rahīmakumullāh.

Saya ucapkan selamat datang dalam group Bimbingan Islām

Ahlan wa sahlan wa marhaban bikum jami’an

Semoga group ini nantinya bisa menjadi teman, bisa menjadi sahabat atau bisa menjadi sarana antum semuanya dalam mempelajari agama Islām.

Sebuah agama yang telah Allāh ridhāi untuk dianut, bahkan telah disempurnakan sebelum Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam wafat.

Tidaklah seorang berpaling darinya kecuali dia akan binasa.

Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam bersabda :

قَدْ تَرَكْتُكُمْ عَلَى الْبَيْضَاءِ، لَيْلُهَا كَنَهَارِهَا لَا يَزِيغُ عَنْهَا بَعْدِي إِلَّا هَالِكٌ

“Telah ku tinggalkan untuk kalian agama, telah kutinggapkan untuk kalian penjelasan yang sangat jelas, yang sangat terang malamnya seperti siangnya. Tidaklah seorang berpaling dari agama tersebut setelah kepergianku kecuali dia akan binasa.”

Sahabat BiAS rahīmaniy wa rahīmakumullāh.

Setelah memberikan pesan kepada umatnya, bahwa Beliau telah meninggalkan agama Islām ini dalam kesempurnaan, dalam kejelasan yang sangat sempurna seakan-akan malamnya seperti siangnya.

Maka Beliau mengabarkan sebuah berita yang akan terjadi pada masa yang akan datang setelah kepergian Beliau.

Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) bersabda :

فمَنْ يَعِش مِنْكُمْ فَسَيَرَى اخْتِلَافًا كَثِيرًا

“Siapa yang berumur panjang, dia akan melihat banyak perselisihan (akan melihat banyak perbedaan, berbagai pendapat akan bermunculan).”

Apa nasihat Beliau ?

فَعَلَيْكُمْ بِمَا عَرَفْتُمْ مِنْ سُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّينَ

“(Untuk menghadapi perselisihan dan berbagai berbedaan pendapat tersebut), amalkanlah sunnahku, ikuti jalan hidupku yang telah kalian ketahui, begitu juga sunnahnya Khulafa Ar Rasyidun (pemimpin-pemimpin para khalifah setelahku yang terbimbing).”

عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ

“Gigitlah sunnah-sunnah tersebut dengan gigi geraham.”

وَعَلَيْكُمْ بِالطَّاعَةِ وَإِنْ عَبْدًا حَبَشِيًّا

“Dan hendaknya, kalian mentaati pemerintah yang berkuasa, walaupun pemimpinnya adalah seorang budak hitam dari negeri Habasyah.”

فَإِنَّمَا الْمُؤْمِنُ كَالْجَمَلِ الْأَنِفِ، حَيْثُمَا قِيدَ انْقَادَ

“Karena seorang mukmin itu, bagaikan unta yang ditusuk hidungnya, kemanapun tali kekang diarahkan ia akan mengikutinya.”

(Hadīts shahīh riwayat Imām Ibnu Mājah dalam sunan beliau dengan nomor 43 dan dishahīhkan oleh Syaikh Albāniy rahimahullāh ta’āla)

Di antara pelajaran hadīts tersebut adalah:

√ Kita akan berada pada masa yang banyak perbedaan, banyak pendapat. Yang satu bilang A, yang lain bilang B, C, D, atau bahkan E.

Untuk menghadapi berbagai perbedaan pendapat ini, kita membutuhkan ilmu. Kita butuh sunnah-sunnah Nabi dan kita butuh sunnah Khulafā’i Ar Rāsyidīn, kemudian memeganginya dengan kuat-kuat.

Dan seorang tidak akan bisa tahu apa saja sunnah Nabi kecuali dengan belajar, menuntut ilmu dan sering bertanya.

√ Apa sunnah Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam dalam hal ini?

√ Apa sikap yang Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam bimbingkan dalam permasalan ini?

Dengan hadirnya group bimbingan Islām ini, ada sebuah harapan, semoga bisa membuat kaum muslimin sedikit demi sedikit bisa mengerti sunnah, bisa mengerti apa saja yang Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam dan juga para Khulafa Ar Rasyidin ajarkan.

Dan in syā Allāh dalam group ini, akan ada berbagai audio dari berbagai macam cabang ilmu.

▪️ ILMU FIQIH

Ada ilmu fiqih yang akan diajarkan, ilmu tentang tatacara beribadah.

Semisal shalāt-shalāt. Apa saja syaratnya, apa saja rukunnya, apa saja kewajibannya, bagaimana jika lupa dalam shalāt dan lain sebabagainya yang berkaitan dengan shalāt. Begitu juga akan dibahas tentang zakāt, puasa, haji dan bermuamalah, serta permasalahan lainnya tentang fiqih.

Semuanya (in syā Allāh) merujuk kepada kitāb dalam madzhab Syāfi’iyyah. Sebuah kitāb yang sering dikenal dengan Matan Abū Syujā’ atau matan Al Ghāyah wat Taqrib, karya Syihābuddien Abuth Thiib Al Ashfahāni. Nama beliau Ahmad bin Al Husain yang meninggal pada tahun 593 Hijriyah.

▪️99 HADITS PILIHAN

In syā Allāh juga akan diperlajari 99 hadīts-hadīts yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari, berkaitan dengan Islām, iman dan lain-lain yang in syā Allāh akan merujuk kepada kitāb Bahjah Qulūbil abrār wa Qurratu ‘Uyuunil Akhyār, karya Syaikh Abdurrahman bin Nāshir As Sa’di rahimahullāh yang meninggal pada tahun 1376 Hijriyyah.

▪️ AQIDAH

Ada juga pembahasan tentang aqidah, dimana itu adalah pembahasan yang sangat penting dalam kehidupan beragama. Tentang kepercayaan atau iman terhadap hal-hal yang ghāib. Tentang sifat Allāh, Surga, Neraka, dan berbagai kejadian setelah kematian.

▪️ PENDIDIKAN ANAK

Kemudian juga akan ada pelajaran tentang pendidikan anak, merujuk kepada kitāb Tarbiyatul Abna.

▪️ASY SYAMA’IL AL MUHAMMADIYYAH

Dan ada juga pembahasan tentang sifat-sifat Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam, baik itu sifat fisik, akhlak dan kepribadian Beliau atau barang-barang yang dimiliki oleh Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam yang merujuk pada kitāb Asy Syamāil Al Muhammadiyyah, karya Imam At Tirmidzī , Abū Īsā, Muhammad bin Īsā yang meninggal pada tahun 279 Hijriyyah.

Semoga dengan berbagai keterbatasan kami, Allāh memberikan keberkahan yang banyak kepada kaum muslimin dan semoga apa yang bisa kami hadirkan ini menjadi amal yang ikhlās karena Allāh Subhānahu wa Ta’āla, sehingga kita bisa meraih keridhāan dan surga-Nya.

Semoga bermanfaat.

Wallāhu Ta’āla A’lam bish Shawwāb.

Washallallāhu ‘alā Nabiyyina Muhammad

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *