Home > Bimbingan Islam > Tematik > Faedah Surat Al-Kahfi (Bagian 02 dari 09)

Faedah Surat Al-Kahfi (Bagian 02 dari 09)

🌍 BimbinganIslam.com
🎙 Ustadz Firanda Andirja, MA حفظه لله تعالى
📗 Tafsir | Faedah Surat Al-Kahfi
~~~~~~~

بسم اللّه الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

In syā Allāh pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama berusaha untuk mengambil faedah-faedah dari surat Al Kahfi.

Surat Al Kahfi disunnahkan oleh Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam bagi kita untuk membacanya sepekan sekali setiap hari Jum’at.

Kita akan bacakan surat Al Kahfi dengan tafsiran yang ringkas yang saya ambil dari beberapa buku. Yang paling utama adalah 4 (empat) buku yaitu:

⑴ Tafsir Ibnu Katsīr
⑵ Tafsir Al Qurthubi
⑶ Tafsir Abdurrahman bin Nahsir As Sa’di
⑷ Tafsir Adhwā’ul Bayyān Ash Shanqiti

(rahimahullāh jāmi’an)

Allāh Subhānahu wa Ta’āla berfirman dalam ayat pertama surat Al Kahfi:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَىٰ عَبْدِهِ الْكِتَابَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَهُ عِوَجًا

“Segala puji bagi Allāh yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al Kitāb (Al Qurān) dan Dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya.”

Di ayat ini, Allāh Subhānahu wa Ta’āla memuji diri-Nya dengan nikmat yang sangat agung dan Allāh Subhānahu wa Ta’āla berhak untuk dipuji dengan seluruh nikmat yang telah Allāh Subhānahu wa Ta’āla berikan kepada kita.

Tetapi Allāh Subhānahu wa Ta’āla memilih salah satu nikmat yang sangat agung, yang Allāh Subhānahu wa Ta’āla berikan kepada hamba-Nya (yaitu) Al Qurān.

Turunnya Al Qurān merupakan nikmat yang sangat agung (sangat besar) maka Allāh Subhānahu wa Ta’āla khususkan penyebutannya di awal surat Al Kahfi.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَىٰ عَبْدِهِ الْكِتَابَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَهُ عِوَجًا

“Segala puji bagi Allāh yang telah menurunkan kepada hamba-Nya (yaitu nabi Muhammad shallallāhu ‘alayhi wa sallam) Al Kitāb (Al Qurān) dan Dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya.”

Kata Syaikh Muhammad Al Amin Al Shanqiti rahimahullāh, عِوَجًا adalah kalimat nakirah dalam kontek penafi’an.

وَلَمْ يَجْعَلْ لَهُ عِوَجًا

“Dan kami tidak menjadikan kebengkokan di dalam Al Qurān tersebut.”

Oleh karenanya kalimat nakirah jika datang dalam bentuk nafi’ memberikan faedah keumuman.

Tidak ada kebengkokan pada Al Qurān dalam segala hal, baik dalam hukum-hukumnya, kisah-kisahnya, kabar-kabarnya, hikmah-hikmahnya.

وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ صِدْقًا وَعَدْلًا

“Dan telah sempurna kalimat-kalimat Rabbmu, tidak ada pertentangan dalam kabar-kabarnya (semua benar), semua hukum-hukum dalam Al Qurān adil.”

(QS Al An’ām: 115)

Kemudian kata Allāh Subhānahu wa Ta’āla:

قَيِّمًا لِيُنْذِرَ بَأْسًا شَدِيدًا

“Sebagai petunjuk yang lurus, untuk memperingatkan akan siksaan yang sangat pedih.”

Ini salah satu tafsir, jadi kalimat قَيِّمًا artinya lurus.

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ

““Sesungguhnya Al Qurān ini memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.”_

(QS Al Isrā: 9)

Di antara fungsi Al Qurān adalah memberi peringatan dan kabar gembira.

Kata Allāh Subhānahu wa Ta’āla:

لِيُنْذِرَ بَأْسًا شَدِيدًا مِنْ لَدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا حَسَنًا

“Untuk memberi peringatan akan siksa yang sangat pedih dari sisi-Nya dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan (bahwa) mereka akan mendapatkan balasan yang baik.”

مَاكِثِينَ فِيهِ أَبَدًا

“Mereka kekal di dalamnya untuk selamanya.”

Ini merupakan salah satu dalīl dari sekian banyak dalīl yang menunjukkan bahwasanya amalan merupakan sebab masuk surga.

Allāh Subhānahu wa Ta’āla mengatakan, untuk memberikan kabar gembira.

Kepada siapa ?

Yaitu kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan (bahwa) mereka akan mendapatkan balasan yang baik (surga bagi mereka).

Oleh karenanya amal shālih merupakan sebab masuk surga, sebagaimana dalam ayat-ayat lain:

ُ ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Masuklah kalian ke dalam surga itu disebabkan karena apa yang telah kalian kerjakan.”

(QS An Nahl: 32)

وَتِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِي أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Dan itulah surga yang diwariskan kepada kalian disebabkan amal-amal yang dahulu kalian kerjakan.”

(QS Az Zukhruf: 72)

Terlalu banyak ayat dalam Al Qurān yang menunjukkan amal shālih merupakan sebab masuk surga.

Bahkan di surga Allāh membedakan tingkat-tingkat penghuni surga karena sebab amalan, dan Allāh Subhānahu wa Ta’āla Maha Adil.

Tidak sama antara seorang yang amalnya luar biasa yang mengerjakan shalāt malam dengan yang tidak mengerjakan shalāt malam.

وَلِكُلٍّ دَرَجَاتٌ مِّمَّا عَمِلُوا

“Masing-masing derajat sesuai dengan amalannya.”

(QS Al Ahqāf: 19)

Adapun hadīts Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam dari Abū Hurairah radhiyallāhu Ta’āla ‘anhu, beliau berkata, Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam bersabda :

لَا يَدْخُلُ أَحَدُكُمْ الْجَنَّةَ بِعَمَلِهِ قَالُوا وَلَا أَنْتَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ وَلَا أَنَا إِلَّا أَنْ يَتَغَمَّدَنِي اللَّهُ مِنْهُ بِرَحْمَةٍ

“Amal seseorang tidak akan memasukkan seseorang ke dalam surga.”

Para sahabat berkata:

“Engkau juga tidak wahai Rasūlullāh?”

Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) menjawab:

“Aku pun tidak. Itu semua hanyalah karena karunia dan rahmat Allāh.”

(Hadīts riwayat Imam Ahmad nomor 7167)

Para ulamā telah menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam tidak masuk surga dengan amalannya, artinya amal-amal tersebut bukanlah tiket untuk membayar surga.

Akan tetapi Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam dan orang-orang masuk surga karena rahmat Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Kenapa ?

Karena amal kita ini tidak cukup untuk membayar surga.

Yā Ikhwān, bila kita berbicara tentang salah satu nikmat surga seperti bidadari yang begitu indahnya, kata Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Anas bin Mālik radhiyallāhu Ta’āla ‘anhu:

وَلَوْ أَنَّ امْرَأَةًمِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ اطَّلَعَتْ إِلَى أَهْلِ الْأَرْضِ لَأَضَاءَتْ مَا بَيْنَهُمَا وَلَمَلَأَتْهُ رِيحًا وَلَنَصِيفُهَا عَلَى رَأْسِهَا خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

“Seandainya ada seorang wanita penghuni surga muncul di atas muka bumi ini niscaya akan menerangi keduanya dan akan terpenuhi dengan anginnya yang harum (wangi semerbak) dan kerudung yang ada dikepalanya lebih baik dari dunia dan seisinya.”

(Hadīts riwayat Bukhāri nomor 2796)

Artinya, kalau antum mencari 100 wanita tercantik di dunia ini (dikumpulkan) lalu antum bandingkan dengan kerudung bidadari masih lebih baik kerudung bidadari.

Kenapa ?

Karena Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam mengatakan, “Lebih baik daripada dunia dan seisinya.”

Bandingkan dengan amalan antum yang hanya beberapa tahun. Pantaskah antum mendapatkan bidadari ini ? Bidadari ini akan antum dapatkan selamanya tanpa batas.

Oleh karenanya seorang tidak akan masuk surga dengan menjadikan amalannya sebagai tiket untuk bayar surga, ini mustahil !

Itulah maksud dari hadīts Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam diatas.

Amalan seseorang bukan tiket, tetapi amalan seseorang merupakan sebab rahmat Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Apabila ada orang yang mengatakan, “Kita masuk surga bukan dengan amal tetapi dengan rahmat Allāh.”

Bagaimana kita meraih rahmat Allāh Subhānahu wa Ta’āla ?

Dengan sebab apa, kita meraih rahmat Allāh Subhānahu wa Ta’āla ?

Jawabannya, “Dengan sebab amal.”

Maka perkaranya sama saja masuk surga dengan rahmat, rahmatnya karena sebab amal, maka amal merupakan sebab masuk surga sebagaimana Allāh Subhānahu wa Ta’āla sebutkan dalam banyak ayat.

Demikianlah kajian kita pada kesempatan kali ini.

وبالله التوفيق و الهداية
والسلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Bersambung ke bagian 03, in syā Allāh
____

image_pdfimage_print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top